Selasa, Januari 18, 2005

Dari Sebuah Buku

Kita berusaha merangkum sejarah miliaran tahun. Kita berusaha mendeteksi gerak-gerik sesuatu yang kecepatannya melebihi cahaya. kita berusaha memuat apa yang hanya bisa dijangkau abstraksi bernama "iman" kedalam sel-sel otak kita yang usang. Tapi, jangan terlalu cepat berkecil hati.Dalam kompleksitas struktur dan mekanismenya, ada satu pola sederhana yang bisa kita tangkap. Mungkin malah terlalu sederhana, sehingga pikiran Anda sudah terbiasa hidup dalam kepelikan tidak akan sanggup menerima. Namun itulah yang berusaha kita pelajari: bagaimana satu kesederhanaan dapat memecahkan semua kompleksitas.
Saya bukan Guru. Anda bukan Murid.Saya hanya pembeber fakta.Perunut jaring laba-laba.Pengamat simpul-simpul dari untaian benang perak yang tak terputus.Hanya ada sati paradigma di sini :KEUTUHAN.Bergerak untuk SATU tujuan :menciptakan hidup yang lebih baik. Bagi kita. Bagi dunia
.....Cernalah informasi ini melalui filter Anda masing-masing, dan transformasikanlah sesuai dengan peran Anda dalam realita.
Inilah TAMAN KANAK-KANAK.Kesempatan Anda untuk bermain dengan hidup.Untuk benar-benar HIDUP.Di alam relatif yang serba tidak pasti ini, saya hanya bisa menjaminkan satu hal: perubahan cara pandang Anda terhadap hidup akan berdampak besar pada dunia... melampaui apa yang bisa Anda bayangkan........
_from Supernova:Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh_
Itu kata-kata awal ketika kita membaca buku ini, dah rada lama sih sekarang aja dah ada sequel ketiganya tapi asli keren abis nih buku. Mmmmm.....aku dah baca berapa kali ya? dah lupa lebih dari 5 kali mungkin :). Dibilang maniak? iya kali ya yang jelas aku "jatuh cinta" ama ni buku.
Dan kata-kata yang diatas tuh bener banget kadang kita berpikir terlalu rumit untuk menyelesaikan masalah yang emang udah rumit. Kadang kita justru menemukan jawaban dari masalah yang rumit dari hal-hal sepele misal daftar belanjaan, perkataan anak kecil atau dari bentuk awan di sore hari. Aku jadi ingat perkataan Gede Prama bahwa semua yang kita temui setiap hari mempunyai misi untuk kita sekecil apapun itu. Jadi ya kadang hal-hal kecil yang bagi kita remeh membawa misi besar bagi kita.
Perubahan cara pandang, aku lihat paling menonjol di buku ini, iya kadang kita lihat sesuatu dari sudut pandang yang commonly dan hal ini menjebak kita dalam pola generalisasi-yang jelas-jelas akan menyesatkan kita karena hidup tuh spesifik banget ga' bisa disamaratakan.
Wah gayaku dah sok-sokan gini yach..he..he.....Ach bodo amat!! Namanya juga curhat..qeqeqe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar